Senin, 10 Februari 2014

Dinamika Rotasi oleh Valerian Laksono XI IPA 3 / 20


Dinamika Rotasi
oleh Valerian Laksono XI IPA 3 / 20
  
Apabila sebuah roda sedang berputar kondisi vertikal, apabila poros horizontal di ganggu miring kiri / kanan maka akan terjadi gaya yang berusaha untuk menyeimbangkan roda tersebut yang arahnya berlawanan dengan arah gangguan tersebut, hal ini sesuai dengan hokum newton 3 yaitu aksi reaksi dimana sebuah gaya pasti ada pasangannya yaitu aksi = reaksi dimana r cw = r ccw. Dalam kehidupan sehari-hari dipakai dalam mobil saat berbelok. Ketika roda di putar vertikal dengan cepat lalu diganggu maka akan terasa ada gerakan yang melawan arah, contoh roda di putar vertikal dan di ganggu ke arah kanan maka akan terasa ada gaya yang melawan ke arah kiri yang berusaha untuk menyeimbangkan roda tersebut yang terasa sangat cepat. Ketika kita mengendarai kendaraan, maka setir akan lebih mudah di putar ketika roda berotasi di banding saat diam.

Ketika berdiri di bidang putar maka:
1.    Ketika roda di belokkan ke kanan maka akan tetap ada gaya yang melawan ke arah kiri namun tetap bidang putar akan berputar kekanan.
2.    Ketika roda di belokkan ke kiri maka akan tetap ada gaya yang melawan ke arah kanan namun tetap bidang putar akan berputar  kekiri.

Syarat Keseimbangan Translasi dan Rotasi

Σ Fx = 0
Σ Fy = 0
Σ τ = 0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar